forex exchange | small business internet marketing | Kiat bisnis lewat internet | financial planning advice

Quote of the Day

Wednesday, March 13, 2013

MAHASISWA YANG IDEAL



1.    Membangun Komitmen pada Studi
Kunci pertama untuk mencapai sukses adalah komitmen. Komitmen pada studi adalah pondasi dan faktor penentu dari kesuksesan. Dengan komitmen yang kuat, mahasiswa akan mampu mencurahkan waktu, energi, dan perhatiannya untuk melaksanakn tugas-tugas studi.
Jika mahasiawa memiliki komit men yang kuat pastinya dia tidak akan cepat menyerah atau pun mengeluhkan tentang tugas-tugasnya. Dengan komitmen yang kuat tugas yeng berat akan terasa ringan, akan tetap semangat walupun menghadapi tugas yang menumpuk.
Berikut ada beberapa kiat strategi yang dapat diterapkan untuk membangun komitmen yang kuat dalam studi:
·         Pandanglah studi sebagai amanah
·         Pandanglah studi sebagai profesi
·         Pandanglah studi sebagai pekerjaan utama
·         Pandanglah predikat “mahasiswa” sebagai jabatan
·         Pandanglah kuliah sebagai tugas pokok harian
       ·         Pandanglah tugas-tugas kuliah, ujian tengah dan akhir semester sebagai batu loncatan untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi


2.    Menempatkan Sasaran dan Target Studi

Setelah memantapkan komitmen yang kuat dalam diri mahasiswa, tetapkanlah sasaran yang tinggi sebagai pemecut semangat. Hendaknya mahasiswa menetapkan sasaran sebagai berikut :
·         Mencapai prestasi setinggi mungkin
·         Membina dan mengembangkan kompetensi akademik
·         Membina dan mengembangkan kompetensi profesional
·         Menyelesaikan studi tepat waktu
Setelah membangun komitmen dan menetapkan sasarannya, hendaknya sasaran tersebut diperjelas menjadi target yang jelas. Dalm menentukan target tersebut hendaknya target bersifat khusus, terukur, dapat tercapai, realistis, tidak melebihi batas waktu yang telah ditentukannya sendiri, membangkitkan energi, dan dapt menyentuh emosi si pembut target.


3.     Membangun Motivasi

Motivasi adalah semangat seseorang untuk merai sesuatu yang ditagetkannya, dengan kata lain motivasi adalah roh dari pencapaian kesuksesan. Motivasi adalah faktor kunci penentu sukses studi dan juga pengembangan diri. Orang yang kehilanagn semangatnya, kian hari potensi dan bakatnya akan semakinmengkerut dan layu.
Motivasi layaknya sinar matahari pagi yang menyinari pori-pori: udara yang sejuk, segar, bersih yang belum terkena polusi. Dan menjadi tanggung jawab dari setiap mahasiswa untuk mempertahankan motivasi hingga tercapainya target yang diinginkan.


4.       Mengembangkan Keterampilan Studi     

Ketika mahasiswa telah memandang studi sebagai profesi dan predikat “mahasiswa” sebagai jabatan, sudah selayaknya mahasiswa senantiasa meningkatkan profesionalismenya. Langkah utama meningkatkan profesionalisme adalah mengembangkan ketrampilan yang diperlukan dalam melaksanakan tugas-tugas.

No comments: