forex exchange | small business internet marketing | Kiat bisnis lewat internet | financial planning advice

Quote of the Day

Saturday, March 10, 2012

Jenis Investasi yang cocok Bermanfaat bagi Anda??

Jenis Investasi apa yang cocok Bermanfaat ?? Anda masih bingung dan ragu untuk memilih jenis investasi anda, ada baiknya anda mengenal Jenis- jenis Investasi, agar anda tahu jenis  investasi  mana yang bermanfaat untuk Anda. Secara umum, aset yang dapat diinvestasikan, dibagi menjadi dua, yaitu aset riil dan aset finansial. Aset riil adalah aset yang  memiliki bentuk yang kita simpan/ kita miliki. Contohnya adalah rumah, tanah dan emas. Sedangkan aset finansial  adalah aset yang tak berwujud, biasanya  berbentuk  kertas yang merupakan bukti kepemilikan kita. Bentuk  investasinya antara lain tabungan, deposito, reksadana, obligasi, saham, emas, properti, dan lain sebagainya.

Tabungan  adalah menyimpan uang di bank untuk digunakan kemudian hari  jika diperlukan.
Deposito adalah menyimpan uang untuk periode waktu tertentu, jika belum sampai tempo uang  tidak dapat diambil atau kita akan mendapat penalti bila diambil sebelum waktunya. Reksadana adalah tempat kolektif menghasilkan dana. Uang tersebut akan dikelola oleh Manajer Investasi untuk diinvestasikan dalam bentuk investasi lainnya. Jika mendapatkan keuntungan atau mendapatkan kerugian akan dibagi rata kepada para investor. Ini banyak digunakan bagi mereka yang baru memulai untuk berinvestasi.

Obligasi ( instrumen hutang) adalah bukti bahwa kita memberikan pinjaman kepada perusahaan tertentu atau pemerintah. Pihak yang berutang akan memberikan bunga untuk jangka waktu tertentu. Saham,  Memiliki saham berarti Anda memiliki kepemilikan dalam suatu perusahaan. Uang yang kita tanaman yang digunakan sebagai modal bagi perusahaan. Perusahaan akan memberikan keuntungan bagi saham yang  dimiliki oleh pemegang saham disebut dividen. Bila dinilai baik atau banyak orang yang tertarik untuk membeli saham sebuah perusahaan, harga akan naik, jadi ketika Anda menjual saham akan mendapatkan keuntungan. Sebaliknya, jika perusahaan mengalami kerugian, harga sahamnya bisa turun sehingga Anda dapat mendapatkan kerugian. Saham ini dapat dibeli di sekuritas perusahaan. Untuk setiap transaksi pembelian atau penjualan, Anda akan dikenakan biaya.

Harga emas emas cenderung naik setiap tahun, itulah sebabnya mengapa banyak orang yang membeli emas kemudian menjualnya saat harganya naik. Jika Anda ingin menggunakan untuk investasi, Sbaiknya membeli  emas batangan,  logam mulia atau koin daripada emas dalam bentuk perhiasan. Dikarenakan Emas batangan atau koin tidak memiliki penyusutan atau ongkos pembuatan yang biasanya dikenakan ketika kita menjual dalam bentuk perhiasan. Properti Sama seperti emas, harga rumah dan properti tanah akan cenderung naik. Dengan membeli properti, dan menjualnya di kemudian hari akan menguntungkan karena harga jualnya sudah naik. Harga rumah akan cepat naik jika lokasi yang strategis atau dekat dengan fasilitas umum, ini sering menjadi pertimbangan ketika memilih lokasi.

Demikian brbagai jenis investasi yang sering dipakai, pilihlah sesuai kebutuhan dan yang anda rasa paling sesuai dengan anda agar andapun dapat mendapat manfaat dan keuntungan yang lebih dalam menjalankan investasi anda.

No comments: