forex exchange | small business internet marketing | Kiat bisnis lewat internet | financial planning advice

Quote of the Day

Thursday, March 15, 2012

penyebab dan cara mengatasi masalah Keuangan

kita semua pasti mengalami masalh keuangan, masalah keuangan bukan hanya terjadi karena membengkaknya tagihan, ataupun hutang atau bahkan kejadian yang tiba - tiba. misalnya anda terserang penyakit dan lain sebagainya. masalah keuangan bisa timbul karena kesalahan anda dalam mengelola/ memanajemenya. dibawah ini ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam mengelola keuangan yang dapat memicu munculnya masalah keuangan bagi anda.

tidak sempat mengelola

terkadang kita sering bealasan kurangnya waktu untuk mengelola karena terlalu sibuk dengan pekerjaan atau apapun itu. akan tetapi jika anda mau sebenarnya anda  masih sempat untuk mengelola keuangan anda, anda bisa memanfaatkan waktu luang anda,m isalnya pada hari libur atau malam hari seusai anda pulang kerja. biasakanlah untuk mencatat pengeluaran - pengeluaran anda, atau anda dapat membuat buku yang berisi tagihan - tagihan yang mesti anda bayar  dalam seminggu kedepan. ini penting untuk kedisiplinan anda dalam memantau keuangan anda.

tidak merencanakan keuangan
perencanaan keuangan sangat penting, ini bisa saja dengan mencatat semua pengeluaran dan pemasukan yang anda gunakan. tidak hanya pengeluaran yang besar namun yang sederhana oun juga mesti dicatat. ini penting karena dengan membiasakan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran anda jadi tau untuk apa saja uang yang anda gunakan dan berapa saja uang yang anda miliki.

masalah hutang
terkadang hutang dapat membawa efek positif bagi kita. contohnya jika anda berhutang untuk modal anda membeli rumah trus rumahnya itu anda sewakan dan sebagian pendapatannya bisa anda gunakan untuk menyicil hutang - hutang anda. namun terlalu banyak hutang juga tidak bagus karena jika anda tidak dapat untuk menyicilnya bisa - bisa anda bangkrut dan keuangan anda jadi kacau. 

mengantungkan pada asuransi
Sekarang ini sudah banyak orang - orang yang mulai membeli asuransi apapun bentuknya, mulai dari asuransi pendidikan, asuransi jiwa, dan lain sebagainya. sadar atau tidak perilaku ini akan berdampak pada rasa aman, atau merasa tenag dalam hal keuangan karena berpikir semua uang yang telah diasuransikan akan memberikan income dihari depan, namun faktanya semua ini tidak lepas dari inflasi, inflasi bisa berpengaruh pada penurunan nilai asuransi anda apalagi jika premi yang anda banyar kan rendah.

No comments: