forex exchange | small business internet marketing | Kiat bisnis lewat internet | financial planning advice

Quote of the Day

Wednesday, May 9, 2012

Wirausaha, Bisnis sampingan ternak belut

Bisnis sampingan budidaya belut atau ternak belut bisa dilakukan sebagai usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Belut memang menjadi salah satu komoditas perikanan. Selain memiliki protein yang tinggi ternyata belut juga tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan. Dalam memulai  bisnis budidaya belut seringkali banyak pemula yang kurang mengatahui tentang seluk beluk teknik  beternak belut  atau budidaya belut tidak jarang yang beranggapan bahwa dalam usaha budidaya belut hanya dapat dikembangkan pada  lahan lumpur paradigma semacam ini harus dibuang dari pikiran anda yang ingin berwirausaha maupun menekuni bisnis sampingan budidaya belut. 


kendala yang sering dihadapi dalam menekuni usaha budidaya belut ini diantaranya banyak belut yang mati atau belut tidak tumbuh besar ( kecil - kecil). untuk mengatsi kendala ini diperlukan adanya strategi budidaya belut khusus yang wajib anda ketahui seblum menekuni bisnis belut ini. Berikut ini akan saya bagikan beberapa strategi yang dapat anda kembangkan dalam menekuni bisnis ternak belut ini.

Yang pertama pemilihan Lahan budidaya Belut

Belut dapat dibudidayakan pada lahan dan media  yang sederhana seperti terpal, Seng, atau pada drum yang tidak digunakan atau kolam permanen  yang penting belut tidak lari keluar dari media. Ukuran kolam juga disesuaikan dengan ketersediaan lahan dan juga  jumlah bibit belut yang akan ditebar. Selain itu media untuk budidaya belut sebisa mungkin dibuat menyerupai habitat aslinya.

Yang kedua adalah Pemilihan Bibit belut 

Bagi anda yang ingin berwirausaha dan menekuni bisnis budidaya belut, bibit merupakan hal yang wajib diperhatikan. teknik pemilihan bibit yang baik dan tepat dapat menentukan hasil panen bisnis budidaya belut ini agar  saat panen menghasilkan belut berkualitas baik. Bibit belut yang dipilih haruslah memiliki penampilan yang sehat, gesit lincah dan tidak lemas. pilihlah belut yang berwarna agak kuning kecoklatan  bagian ekor bergaris berwarna kuning cerah ada  motif yang  terlihat jelas serta punggungnya berwarna coklat kehitaman dan berdada kuning. Usia belut yang baik untuk bibit berkisar antara 2 sampai dengan 4 bulan.


Yang Ketiga adalah Makanan / pakan belut

Belut memakan berbagi binatang kecil seperti cacing, siput, maupun serangga serangga air lainnya, karena belut sendiri termasuk dalam jenis hewan karnivora.  Walaupun golongan karnivora tetapi belut lebih  menyukai memakan binatang yang hidup. Biasanya belut yang masih kecil memakan  zooplankton seperti  Protozoa,  Mikrokrusasea atau  Udang udangan , invertebrate mikroskopik atau  hewan tak bertulang belakang yang kecil,   Sedangkan makanan belut belut dewasa antara lain  larva serangga , cacing siput, berudu atau kodok.

Bisnis Budidaya atau ternak  belut dapat menjadi  bisnis sampingan  potensial untuk dikembangkan terlebih lagi pangsa pasarnya masih luas,  Banyak restoran maupun warung - warung makan yang mulai mengolah belut sebagai menu masakan yang banyak digemari masyarakat karena memang belut mengandung protein besar yang sangat baik untuk dikonsumsi. Budidaya belut dapat menjadi usaha sampingan atau peluang bisnis yang layak untuk dikembangkan serta sangat efisien dan sangat menguntungkan.

2 comments:

Berbagi info said...

Belut memang bagus prospeknya kang, sampai sekarang masih banyak tangkapan dari sawah-sawah

obat mata herbal said...

wah mantaaap..